-->

POVERTY TRAP, YANG MISKIN TETAP MISKIN

Caraterbaruku - Pada 28 Maret 2018 lantas, BPS (Tubuh Pusat Statistik) Indonesia menginformasikan jika angka kemiskinan di Indonesia sampai titik paling rendah dalam riwayat Indonesia Merdeka, yakni ada pada angka 9,82% dari keseluruhan populasi atau 25,95 juta orang. Berita yang menggembirakan memang, tetapi itu cuma dipermukaan. Kalau kita memperhitungkan dari aspek lainnya seperti perkembangan masyarakat, ukuran kemiskinan, atau ketimpangan ekonominya, pasti angka itu tidak spesial-spesial sangat.

POVERTY TRAP, YANG MISKIN TETAP MISKIN
POVERTY TRAP

Kita tidak ingin ulas itu di sini. Apakah yang saya ingin ulas di sini bermula dari pertanyaan "Mengapa sich kita susah sekali untuk bebas dari yang namanya kemiskinan?". Walau sebenarnya kita semua paham Indonesia ialah negara yang begitu kaya, sumber daya alam melimpah, sdm banyak juga. Tetapi mengapa? yang ada malah justru demikian sebaliknya. Beberapa orang miskin tetap akan miskin atau malah lebih miskin, serta beberapa orang kaya justru tambah semakin kaya.

Apa pemerintah tidak lakukan apa-apa untuk menangani kemiskinan? Tidak pun, di semua periode pemerintahan dari zaman pak Soekarno sampai pak Jokowi, pengentasan kemiskinan tetap jadi prioritas penting dalam tiap-tiap program kerja mereka. Mulai dari program subsidi, pertolongan langsung, sampai pemberian credit rakyat kecil ialah program-program yang sudah digerakkan dalam rencana turunkan angka kemiskinan. Akan tetapi memang tidak gak berjalan efisien atau ada beberapa faktor lainnya yang mengakibatkan program itu tidak sukses (korupsi, nepotisme, dan lain-lain). Sebenarnya memang keluar dari kemiskinan itu memang tidak segampang membuat account kloningan emoticon-Shutup. Terdapat beberapa dimensi yang mengakibatkan mengapa kemiskinan itu susah (pakai sekali) untuk di hilangkan. Serta di tempat ini saya hanya ingin ulas aspek universalnya saja yang dimaksud "Poverty Trap" atau perangkap kemiskinan.

Ya, kemiskinan ialah perangkap. Satu lingkaran setan yang mengakibatkan beberapa orang begitu susah untuk keluar dari dalamnya. Beberapa orang miskin "diminta" untuk masih ada di lingkaran itu sebab tidak miliki kemampuan untuk menggedor keluar dari sana. Jadi, apakah saja perangkap-perangkap kemiskinan itu yang dengan kejamnya mengurung beberapa orang?. Well, berdasar pada hasil baca-baca di internet serta diskusi larut malam 1/2 sober dengan rekan-rekan. kita temukan beberapa bukti (atau teori?) menarik yang membuat berfikir, "Oh iya bener pun ya". 

1. Keluar Uang Semakin banyak 

Saya akan coba jelasin dengan narasi agar agan lebih mudah mengerti gambarannya.
"Bambang serta Anto ialah dua teman dekat si miskin serta si kaya yang kembali ingin beli sendal. Bambang hanya punya100 ribu, sedang Anto miliki 500ribu. Anto beli sendal yang bagus serta berkualitas yang harga nya 200ribu, sendal ini dapat awet sekian tahun. Sedang bambang sebab tidak dapat beli sendal yang bagus, pada akhirnya hanya beli sendal karet yang murah serta tidak berkualitas seharga 20ribu, yang sebenernya cepet rusak serta hanya tahan 2 bulan saja. Sebab Bambang berfikir bekas pengeluarannya dapat dialokasikan ke keperluan yang lain.

5 tahun Lalu mereka bertemu kembali, si Anto masih tetap pakai sendal yang sama yang ia beli bareng bambang, sedang Bambang entahlah telah berapakah kali ubah sendal. Selanjutnya, sesudah 5 tahun, Bambang yang orang miskin NYATANYA keluarkan uang semakin banyak untuk beli sendal doank dibanding Anto. Klo 2 bulan sekali ubah sendal, berarti Bambang ngeluarin 600 ribu dalam 5 tahun untuk beli sendal doank, 3 kali lipat semakin banyak dari Anto yang hanya 200ribu."

Itu hanya salah satunya contoh masalah di mana beberapa orang kurang dapat ini jadi tidak dapat berhemat atau efektif dalam memakai uang. Hal tersebut dapat juga laku untuk untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya. Seperti tidak dapat beli sembako dengan grosir yang jatuhnya tambah murah di banding beli unit. Atau "stuck" sama beberapa barang lama serta butut yang selalu makan cost maintenance di banding beli yang baru serta lebih awet.

2. Style Hidup yang jelek 

Kemiskinan itu sangat erat dengan kesehatan yang jelek. Ketakmampuan mereka beli beberapa makanan yang berkualitas serta sehat membuat beberapa orang kurang dapat ini jadi mudah sakit yang pada akhirnya jadi tidak produktif untuk mencari uang. Sudah begitu sebab kemiskinan ini mereka jadi mudah stress yang pada akhirnya menjebak mereka ke pola hidup yang merugikan, perumpamaannya merokok. Bukti, 43% dari kelompok keluarga miskin ialah perokok. Lebih menyedihkannya kembali, rokok ialah pengeluaran penting mereka sesudah beras, serta yang nomor 3? pengeluaran untuk beli pulsa

Sudah? belumlah, lingkaran setannya masih tetap selalu bersambung. Sebab pendidikan serta akses info yang hanya terbatas, kesadaran mereka untuk mengawasi kesehatan jadi rendah. Mereka tidak memahami apakah itu pola hidup sehat. Pada akhirnya mereka jadi seringkali sakit dibanding orang dapat, pengeluaran mereka untuk cost kesehatan jadi semakin besar. Sukur klo mereka kejangkau agunan sosial, klo tidak? mereka akan kejebak sama pinjeman yang salah yang tidak akan dapat mereka bayar balik sebab bunganya yang tidak logis.

3. Kerja lebih keras, Memperoleh lebih dikit 

Umumnya beberapa orang kurang dapat ialah pekerja kasar yang kerja dapat sampai 15 jam satu hari tiada libur tetapi pendapatan yang didapatkan benar-benar tidak sesuai dengan serta jauh berlainan dari orang kelompok menengah, itu juga masih tetap dapet libur sabtu serta minggu. Pendapatan yang didapatkan juga sangat cuma cukuplah untuk menutupi cost kontrakan serta keperluan keseharian. Mereka jadi tidak miliki waktu atau peluang untuk meningkatkan diri atau mencari pekerjaan yang lebih wajar agar dapat keluar dari lingkaran kemiskinan.

Demikian sebaliknya, buat beberapa orang kelas menengah, akan begitu gampang buat mereka untuk mencari pekerjaan yang lebih baik saat pekerjaan mereka tidak pas. Atau sebab miliki waktu serta cost, mereka dapat turut pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan diri mereka yang pada akhirnya menaikan skala hidup mereka. Sedang buat kelompok bawah, mereka tidak dapat semacam itu. Waktu mereka telah habis untuk pekerjaan yang cuma cukuplah untuk penuhi keperluan hari itu. Mereka tidak miliki cost atau waktu untuk meningkatkan diri. Sebab klo tidak kerja mereka tidak makan. Sebab jika cuti satu hari, upah mereka dipotong.

4. Ketakmampuan untuk ambil kemungkinan 

Buat beberapa orang menengah keatas atau mapan, ambil kemungkinan untuk memperoleh hasil yang semakin banyak bukan suatu yang mereka pusingkan, toh jika juga mereka tidak berhasil mereka cuma kehilangan beberapa % kekayaan mereka. Contoh saat mesti berinvestasi atau mengawali usaha. Tetapi buat orang menengah kebawah ambil kemungkinan seperti begitu hanya bermakna 2 perihal: Sukses keluar dari kemiskinan atau tidak berhasil yang menyebabkan lebih miskin serta jadi gelandangan. Resiko-resiko itu sangat besar konsekuensinya buat mereka mengambil, yang pada akhirnya mereka tetap akan ada pada zone nyaman mereka, walau berarti masih ada dibawah garis kemiskinan

Walau sebenarnya, mengambil kemungkinan ialah suatu yang butuh dikerjakan agar dapat beberapa langkah semakin maju serta melakukan perbaikan kehidupan mereka. Mengambil kemungkinan gadai surat bernilai untuk membuka usaha sendiri, mengambil kemungkinan kehilangan pekerjaan dengan bolos untuk hadir interview dalam tempat kerja baru, mengambil kemungkinan jadi pengangguran dengan keluar dari pekerjaan yang tidak menjanjikan. Serta resiko-resiko yang lain

Caraterbaruku Itu alasan-alasan mengapa kemiskinan itu susah sekali ditangani. Permasalahannya begitu kompleks. Butuh prinsip serta ketekunan dari semua pihak untuk memerangi permasalahan kemiskinan ini. Dari pribadi saya, akar yang harus dibenahi dahulu itu ialah pendidikan. Pendidikan yang berkualitas serta rata mutlak dibutuhkan untuk melakukan perbaikan kehidupan manusianya. Pendidikan memang tidak langsung akan membebaskan mereka dari kemiskinan, tetapi seenggaknya dengan pendidikan, mereka jadi miliki modal untuk berfikir kreatif, miliki wacana serta pengetahuan yang cukuplah untuk buka jalan mereka sendiri, dapat berfikir gawat untuk temukan jalan keluar terunggul dari persoalan mereka, serta miliki kesadaran diri yang lebih baik

0 Response to "POVERTY TRAP, YANG MISKIN TETAP MISKIN"

Post a Comment