-->

10 MAKANAN KHAS KALIMANTAN SELATAN

Kalimantan Selatan adalah salah satunya propinsi di Indonesia yang cukuplah banyak mempunyai obyek wisata yang unik seperti pasar terapung, jembatan Barito, pulau kembang, makam batu serta ada banyak kembali.

10 MAKANAN KHAS KALIMANTAN SELATAN

Salah satunya perihal yang tidak bisa ditinggalkan jika bertandang ke satu daerah yakni mencicip makanan ciri khas masyarakat lokal yang biasa mereka makan. Perihal ini mungkin satu ketentuan harus tetapi tidak tercatat waktu traveling.

Jadi jika kamu merencanakan ingin pergi berwisata ke Kalimantan Selatan, sebaiknya baca penjelasan beberapa makanan ciri khas Kalimantan Selatan yang harus dicicipi di bawah ini

1. Soto Banjar 

Mungkin yang sangat populer dari semua makanan ciri khas Kalimantan Selatan ialah Soto Banjar, bahkan juga banyak restoran serta warung makan di Indonesia yang memakai Soto Banjar menjadi salah satunya menu spesialnya.

Soto Banjar ini sebenarnya hampir sama dengan type Soto biasanya di Indonesia, bedanya mungkin cuma pada kuahnya yang lebih bening. Walau bagaimanapun ada pula Soto Banjar yang kuahnya cukup keruh.

Kekhasan Soto Banjar di banding type Soto lainnya di Indonesia yakni tidak memakai nasi tetapi gunakan ketupat, serta tuturnya lebih nikmat kembali jika disantap bersama dengan Sate.

2. Ketupat Kandangan 

Makanan ciri khas Kalimantan Selatan setelah itu yakni Ketupat Kandangan. Makanan ini mungkin tidak asing buat beberapa orang sebab di Kalimantan Selatan serta sekelilingnya, makanan ini telah populer dimana saja.

Berlainan dengan Soto Banjar, Ketupat Kandangan mempunyai kuah yang keruh sebab ditambahkan santan menjadi penambah citarasanya. Diluar itu, kadang ditambahkan ikan atau telur menjadi macam lauknya.

Ketidaksamaan Ketupat Kandangan dengan ketupat biasanya yakni nasi ketupatnya cukup lebih keras. Tetapi, perihal ini bukan kurangi citarasanya, malah justru tingkatkan kesenangan ketupat itu. Yang belumlah coba, harus mencicipinya.

3. Patin Baubar 

Patin Baubar ialah pepes Ikan Patin yang dibumbui dengan beberapa rempah-rempah lalu dibuat lewat cara dibakar ditungku serta bara api sampai rempah-rempah itu meresap ke Ikan Patin itu.

Lewat cara masak seperti berikut yang membuat Ikan Patin ini bertambah nikmat serta tuturnya, makanan ciri khas Kalimantan Selatan yang satu ini begitu nikmat diberikan dengan nasi putih hangat saja.

Perlu untuk diketahui pun, di perairan seperti sungai-sungai di Kalimantan Selatan begitu gampang mendapatkan Ikan Patin, bahkan juga saat ini banyak masyarakat dari sana yang membudidayakan Ikan Patin serta masyarakat di Kalimantan Selatan seringkali memasak Ikan Patin lewat cara dipepes atau dibakar.

4. Manday 

Setelah itu Manday. Makanan ciri khas Kalimantan Selatan yang satu ini terbuat dari kulit cempedak atau jika orang Kalimantan Selatan mengatakan tiwadak yang diawetkan dalam tempo yang lumayan lama.

Proses pengawetannya juga lumayan sederhana yakni digabung dengan garam, lalu didiamkan dalam tempat yang tertutup rapat. Sedang lama pengawetan bergantung hasrat semasing, lama-lama makin asam rasa-rasanya serta makin enak.

Manday biasanya dibuat lewat cara di goreng, meskipun ada pula yang memasaknya lewat cara digulai serta dibakar. Dengan ditambah beberapa rempah-rempah jadi perasaan asam dari kulit cempedak tentu enak rasa-rasanya.

5. Gangan Asam Banjar 

Gangan Asam Banjar ialah salah satunya sayur ciri khas Kalimantan Selatan. Untuk bikin sayur ini mesti memakai Ikan Haruan atau Ikan Gabus, atau juga bisa ditukar dengan Ikan Patin yang terdapat banyak di sungai-sungai Kalimantan Selatan.

Sama dengan namanya, sayur berkuah warna kuning ini mempunyai perasaan dikit asam, gurih, serta fresh yang tentu mengugah hasrat untuk selekasnya menyantapnya. Tuturnya, sayur ini lebih nikmat jika disantap dengan nasi putih hangat.

6. Bingka 

Bingka ialah salah satunya camilan makanan ciri khas Kalimantan Selatan, atau lebih persisnya ialah camilan ciri khas dari suku Banjar yakni suku asli Kalimantan Selatan. Sedang rasa-rasanya ialah manis, lembut serta dikit berlemak.

Camilan ini umumnya diberikan bersama dengan camilan serta kue ciri khas Kalimantan Selatan yang lain untuk acara pernikahan. Diluar itu, Bingka pun salah satunya makanan favorite untuk berbuka puasa di Kalimantan Selatan.

Makanan ini terbuat dari adonan tepung terigu, santan, telur, garam, serta gula pasir. Lalu dipanggang memakai cetakan yang berupa bunga. Diluar itu, ada beberapa variasi perasaan seperti Labu, Kentang, Tapai, serta Pandan.

7. Amparan Tatak 

Satu kembali kue ciri khas Kalimantan Selatan yang menarik didapati yakni Amparan tatak. Kue ini tidak asing kembali disana serta rasa-rasanya manis. Sedang langkah membuatnya juga simpel saja serta tidak susah.

Bahan yang dibutuhkan ialah tepung beras serta santan, sedang bahan isian dari makanan ciri khas Kalimantan Selatan yang satu ini ialah pisang atau kadang juga bisa berisi Nangka serta ditambah daun Pandan supaya lebih nikmat.

8. Iwak Pakasam (Iwak Basamu) 

Pembuatan Iwak Pakasam atau terkadang pun dimaksud Iwak Basamu ini hampir sama juga dengan Manday, bedanya cuma bahan dasarnya yakni ikan seperti Ikan Haruan (Ikan Gabus), Ikan Pepuyu, Ikan Mangki, serta Ikan Sepat.

Proses membuatnya yakni ikan yang telah dibikin bersih akan dikasihkan garam seperti Manday serta dikasih pun samu yakni beras yang telah ditumbuk tetapi masih tetap berupa. Lalu ikan itu didiamkan sekian waktu.

Lamanya pengawetannya bergantung hasrat semasing, ada yang beberapa bulan saja, tetapi ada pula yang sekian tahun. Tuturnya, makin lama maka semakin asin serta enak rasa-rasanya. Ikan ini biasa dibuat dengan bawang goreng.

9. Kelepon Martapura 

Makanan ciri khas Kalimantan Selatan setelah itu yakni Kelepon Martapura. Makanan ini diketahui menjadi jajanan pasar serta populer dengan semboyannya “Pacah di ilat” yang jika dalam bahasa Indonesia berarti pecah di lidah.

Ini ialah salah satunya makanan ciri khas yang sangat enak dikonsumsi pada sore hari sekalian bersantai serta makanan ini banyak diketemukan di kota Martapura yakni ibukota salah satunya kabupaten di Kalimantan Selatan.

10. Gangan Humbut 

Makanan ciri khas Kalimantan Selatan yang paling akhir yakni Gangan Humbut. Makanan ini mempunyai perasaan yang dikit manis tetapi malah perasaan manis itu yang dapat mengugah hasrat serta umumnya disantap dengan sepiring nasi hangat.

Humbut sendiri datang dari sisi pokok pohon kelapa (nyiur) yang lalu di proses jadi sayur serta umumnya makanan ciri khas ini diberikan menjadi menu harus di acara hajatan seperti perkawinan dan lain-lain.

Nah, itu beberapa makanan ciri khas Kalimantan Selatan. Sebetulnya ada banyak makanan ciri khas asal Kalimantan Selatan, tetapi sebab hanya terbatas infomasi yang ada mungkin cukuplah itu dahulu serta mudah-mudahan info ini bermamfaat terpenting buat mereka yang merencanakan bertandang ke Kalimantan Selatan dalan waktu dekat

0 Response to "10 MAKANAN KHAS KALIMANTAN SELATAN"

Post a Comment