-->

10 MAKANAN KHAS TANAH PAPUA

Papua, pulau dibagian timur Indonesia ini mempunyai daya tarik sendiri, keeksotisan budaya serta pemandangannya juga tidak kalah dari spot wisata lainnya. Sama seperti dari bagian kuliner, nyatanya sangat banyak makanan ciri khas Papua yang jarang kita kenali sampai kini, akan tetapi miliki cita perasaan yang super enak. Coba saja intip kesempatan ini, janganlah ngaku cinta Indonesia jika belumlah cobain semua makanan ini!

10 MAKANAN KHAS TANAH PAPUA

1. Kue Lontar 

Yang sangat diketahui orang menjadi salah satunya kuliner ciri khas Papua yakni kue lontar. Janganlah bingung jika memiliki bentuk serupa dengan pie susu atau cheesetart yang kembali hits saat ini. Papua telah terlebih dulu membuat kreasi bentuk semacam ini dengan olahan susu serta gula.

2. Ikan Bakar Manokwari 

Namanya saja telah Ikan Bakar Manokawari, pasti makanan ciri khas Manokwari, Papua ini harus kamu coba langsung sensasinya. Menu ini biasa diketemukan di warung-warung atau rumah makan tepi jalan, dimana cita perasaan ikan tongkol dikasih sambal ciri khas Papua yang pedas. Dikonsumsi bareng nasi putih hangat tentu enak, nih!

3. Ikan Bungkus 

Wah jika kamu telah memakan ikan bungkus ciri khas Papua, tentu ketagihan! Ikan ini diberikan dengan bumbu teramat kaya rempahnya, hingga berasa demikian wangi serta nikmat. Proses membuatnya juga lumayan lama sebab dibakar diatas api kecil supaya semua bumbu meresap ke daging.

4. Sagu Lempeng 

Sagu Lempeng adalah kue yang begitu umum diketemukan di daratan Papua, bahkan juga bisa kamu mencari di tiap-tiap bagian kota. Masyarakat seputar biasa nikmati ini bersama dengan secangkir teh atau kopi hangat sekalian bersantai di sore hari. Tetapi janganlah kaget ya bila gigitan pertamamu sangat terasa keras, sebab berikut sebagai keunikan Sagu Lempeng!

5. Papeda 

Siapa yang tidak kenal dengan Papeda? Makanan ini demikian disukai masyarakat seputar serta membuat wisatawan ingin tahu sebab penampilannya yang kental serta unik. Makanan ini terbuat berbahan basic tepung sagu hingga tidak bingung bila teksturnya kental. Diluar itu langkah makannya dengan menggulung makanan memakai gata-gata (terbuat dari bambu), baru sajian siap disantap. Janganlah cemas, kandungannya baik untuk kesehatan, lho!

6. Udang Selingkuh 

Siapa katakan hanya manusia yang dapat selingkuh, nyatanya udang dapat juga! Di Papua Barat, udang dengan bentuk besar seperti kepiting ini dibuat sampai diberi nama Udang Selingkuh. Perihal ini sebab bentuk capitnya yang mirip kepiting, hingga dimaksud seolah selingkuh dari identitasnya. Menarik buat dicoba, nih!

7. Sate Ulat Sagu 

Nah inilah salah satunya makanan yang membuat wisatawan tercengang. Beranikah kamu coba sate ulat sagu jika berkunjung ke Papua? Akan tetapi meskipun demikian, kandungannya teramat sehat, lho! Makanan ini bisa tingkatkan daya dengan kandungan cholesterol yang rendah. Konon tuturnya, cita perasaan sate ulat sagu ini berasa manis serta asin, dan dengan struktur yang tidak butuh di tanya kembali. Demikian kenyal!

8. Kue Bagea 

Jika satu ini adalah oleh-oleh harus ciri khas Papua. Yap, abon gulung! Janganlah lupa untuk luangkan diri coba enaknya kelembutan abon yang digulung dengan beberapa isian kembali, seperti ayam, cokelat, strobery, serta ada banyak kembali. Sedang bila disaksikan dari bentuk, kue ini hampir sama dengan bolu gulung akan tetapi terbuat berbahan yang berlainan.

9. Sarang Semut 

Sesuai dengan namanya, bentuk makanan ciri khas Papua ini serupa dengan sarang semut yang biasa diketemukan di antara bebatuan. Sarang semut adalah satu tanaman yang banyak dicari oleh wisatawan sebab kandungannya yang begitu menyehatkan. Dapat disebut, makanan ini berbentuk obat yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit.

10. Sambal Colo-colo 

Jika kota lainnya miliki sambal yang bermacam cita rasa-rasanya, kamu akan temukan satu samabl bernama Colo-colo. Asal dari sambal ini sebetulnya datang dari kota Ambon serta Manado. Akan tetapi menariknya, sambal ini demikian familiar di Papua serta banyak yang mencarinya di sini. Bagaimana tidak, perasaan pedasnya benar-benar ciri khas, dan mempunyai dikit perasaan asam dari kandungan jeruk nipis. Perasaan pedasnya benar-benar ciri khas, dan berasa dikit asam dari jeruk nipis.

Caraterbaruku Bagaimana, tercengan kan lihat beberapa daftar diatas? Hampir semua jarang kita dapatkan di kehidupan keseharian, walau sebenarnya cita rasa-rasanya tidak kalah berkompetisi dengan kuliner ciri khas kota yang lain. Yuk sayangi Indonesia lebih dalam kembali, salah satunya perumpamaannya dengan terdorong untuk mencicip sajian-sajian ciri khas kota lainnya yang jarang kita sadari sampai kini

0 Response to "10 MAKANAN KHAS TANAH PAPUA"

Post a Comment