-->

TEMPAT WISATA DI SURABAYA TERBARU

Caraterbaruku - Jika Anda punya niat untuk berlibur di lokasi Pulau Jawa, mungkin yang terlintas di pikiran Anda ialah tujuan wisata, seperti Yogyakarta, Bandung, Lembang, Puncak, Dieng, Wonosobo, Malang, atau daerah lainnya yang umumnya berada sekitaran Jawa Tengah serta Jawa Barat.

TEMPAT WISATA DI SURABAYA TERBARU

Tetapi sebenarnya Anda dapat nikmati berlibur sekalian berwisata di Surabaya, satu kota bersejarah di Propinsi Jawa Timur. Kota ini jadi saksi riwayat pertarungan pada rakyat Indonesia menantang tentara Inggris serta Belanda pada Oktober sampai November 1945. Puncaknya pada 10 November yang disebut momen heroik bangsa Indonesia untuk menjaga kemerdekaan yang di pimpin Bung Tomo.

Oleh karenanya, tiap-tiap tanggal 10 November, semua rakyat Indonesia memperingatinya menjadi Hari Pahlawan. Serta Surabaya diketahui dengan panggilan Kota Pahlawan. Ibu Kota Jawa Timur yang mempunyai simbol ikan sura serta buaya itu popular dengan beberapa obyek wisata, baik wisata alam, wisata riwayat, ataupun wisata kulinernya.

1. Wisata Alam Mangrove 

Buat yang ingin wisata alam di Surabaya, rimba mangrove begitu pas disambangi. Masuk lokasi rimba mangrove, Kota Surabaya berasa rimbun sebab pohon-pohon bakau yang tumbuh di seputar pantai. Manfaat rimba mangrove ini menjadi penahan abrasi atau proses pengikisan pantai oleh gelombang laut. Abrasi tidak dapat dipandang remeh sebab bisa menghilangkan lokasi daratan pantai dikit demi sedikit.

Karena sangat vitalnya, pekerjaan kita termasuk juga Anda untuk mengawasi kelestarian rimba mangrove. Dijaga serta dirawat, jangan pernah rusak. Bila ingin berwisata ke rimba mangrove ini, letaknya di ruang pantai timur Kota Surabaya, Jalan Raya Wonorejo, Rungkut. Anda bisa nikmati sejuknya hawa dengan berjalan kaki telusuri jalan rimba mangrove yang terbuat dari kayu.

Anda dapat juga berkeliling-keliling dengan menyewa kapal. Harga nya Rp25 ribu untuk dewasa serta anak-anak Rp15 ribu per orang. Beberapa orang hadir ke obyek wisata itu untuk melepas capek sambil nikmati hembusan angin sepoi-sepoi saat pagi atau sore hari.

2. De Mata Trik Eye Museum 

Pernah bertandang ke museum 3 dimensi di luar negeri? Tidak butuh jauh-jauh terbang ke belahan negara lainnya, sebab Indonesia juga mempunyai museum yang menunjukkan koleksi karya seni 3 dimensi. Namanya De Mata Trik Eye Museum. Galeri yang ada di Surabaya Town Square, dekat Kebun Binatang Surabaya ini mempunyai beberapa ratus karya yang bisa menipu pandangan Anda dengan membuat ilusi optik.

De Mata Trik Eye Museum begitu pas buat Anda yang hoby swafoto serta mengunggahnya ke ke sosial media. Anda bisa menyimpan peristiwa berfoto dengan beberapa latar yang tampak begitu riil serta begitu menonjolkan unsur nusantara. Harga ticket masuk museum ini sebesar Rp50 ribu per orang.

3. Kebun Binatang Surabaya 

Jika Anda ingin berwisata sekalian membekali buah hati dengan bermacam pengetahuan sekitar fauna, jadi tempat ini begitu pas. Kebun Binatang (Bonbin) Surabaya ini mempunyai seputar 315 type fauna dari semua Indonesia. Kebun binatang Surabaya ini telah berdiri semenjak waktu kolonial Belanda serta sudah sempat seringkali bertukar tempat sampai pada akhirnya ada pada Jalan Setail, Wonokromo. Begitu bersejarah kan? Bila ingin lihat bermacam satwa di Bonbin Surabaya, Anda mesti merogoh kocek sebesar Rp15 ribu per orang (weekdays) serta Rp20 ribu diakhir minggu serta libur nasional.

4. Monumen Kapal Selam (Monkasel) 

Ingin belajar riwayat semakin banyak? Anda bisa menyambangi Monumen Kapal Selam (Monkasel) di daerah Genteng, Surabaya. Kapal selam riil yang dulunya bernama KRI Pasopati 410 akan membawa pengunjung ke waktu lantas waktu pertarungan dalam menjaga kemerdekaan Indonesia.

Kapal ini berjasa dalam persaingan perebutan Irian Barat dari Belanda pada tahun 1961 atau lebih diketahui dengan operasi Trikora. Beberapa pengunjung dapat napak tilas, masuk, serta berfoto di kapal selam yang lumayan besar ini. Anda dapat juga melihat film dokumentasi kapal selam yang sudah sempat melalui laut Aru itu. Harga ticket masuknya hanya Rp10 ribu per orang.

5. Klenteng Sanggar Agung 

Surabaya memang kota yang mempunyai keberagaman suku, agama, serta ras yang cukuplah kuat. Salah satunya tempat wisata yang dapat didatangi ialah Klenteng Sanggar Agung. Klenteng ini cukuplah populer serta tetap ramai didatangi wisatawan, terpenting saat Imlek datang. Masalahnya konon di klenteng ini, Dewi Kwan Im sempat menunjukkan figurnya.Dibuat di pinggir Pantai Ria Kenjeran, Klenteng Sanggar Agung menyediakan panorama yang memanjakan mata.

6. Kebun Bibit Wonorejo 

Jika ingin wisata gratisan di Surabaya, hadir saja ke Kebun Bibit Wonorejo. Tempat ini dimaksud dengan kebun bibit sebab ada beberapa sekali tanaman berumur awal yang dikembangbiakkan untuk nanti ditebar ke semua Surabaya. Anda bisa ajak anak-anak untuk berekreasi serta menjajal beberapa permainan yang disiapkan, seperti papan wall climbing anak, belajar di dalam rumah anggrek serta rumah kompos, serta yang lain. Anda dapat juga sebatas nikmati situasi sekalian lihat panorama danau, serta satwa-satwa yang berkeliaran seperti bebek serta rusa.

7. Jalan Tunjungan 

Jika disamakan dengan di Jakarta, Jalan Tunjungan Surabaya ini serupa Kota Tua di Jakarta. Jika tengah bepergian ke Kota Pahlawan ini, Anda harus telusuri Jalan Tunjungan lihat arsitektur gedung yang masih tetap memiliki nuansa kuno alias kuno (jaman dahulu). Di jalan ini, Anda bisa menjumpai Hotel Majapahit yang dulunya ialah Hotel Yamato, saksi bisu momen perobekan bendera Belanda yang berkibar diatas hotel.

8. Museum Surabaya 

Museum Surabaya jadi obyek wisata yang tengah popular di Surabaya. Diresmikan Mei 2015 yang lalu, obyek wisata ini terdapat di Gedung Siola, Jalan Tunjungan Genteng. Di museum ini, berisi macam koleksi yang tunjukkan perubahan Kota Surabaya. Anda dapat juga tahu beberapa barang peninggalan bersejarah, seperti tiruan biola punya W.R. Soepratman, ketel uap era ke-18, serta ada banyak yang lain.

9. Rimba Bambu serta Taman Serasi Keputih 

Ini nih spot photo bagus setelah itu di Surabaya, yakni Rimba Bambu serta Taman Serasi Keputih di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo. Anda dapat foto-foto dengan latar belakang jejeran rimba bambu seperti di China atau Jepang. Rimba Bambu serta Taman Serasi Keputih mengundang perhatian pengunjung sebab pemandangannya begitu oriental dengan nuansa bambu yang ciri khas, demikian rimbun, serta pas untuk photo prewedding.

10. Taman Bungkul 

Taman yang satu ini diambil dari nama salah satunya tokoh penebar agama Islam, Sunan Bungkul atau Ki Ageng Supo. Taman Bungkul ini ialah tempat Sunan Bungkul bersemayam. Lalu, pemerintah ditempat melakukan renovasi serta membuat taman yang indah dengan beberapa sarana untuk obyek wisata masyarakat sekaligus juga wisata religi. Waktu sekarang ini, makam Sunan Bungkul masih tetap tertangani serta ada dibagian belakang taman ini.

11. Monumen Bambu Runcing 

Jika Anda masih tetap mengingat dengan baik pelajaran riwayat di sekolah, tentunya akan tergiang perjuangan rakyat Indonesia yang cuma bersenjatakan bambu runcing dalam menantang beberapa penjajah. Di Surabaya ada tugu atau Monumen Bambu Runcing sebagai daya tarik wisatawan untuk sebatas berfoto ataupun belajar riwayat. Tugu ini dibangun untuk kembali kenang perjuangan bangsa Indonesia.

12. Surabaya North Quay 

Pemerintah Surabaya memang cermat lihat kekuatan pariwisata. Dari satu gedung terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Perak disulap jadi obyek wisata. Surabaya North Quay namanya, yang dibuat menghadap ke laut. Anda bisa nikmati panorama matahari tenggelam (sunset) sekalian dengarkan suguhan live music, ditemani angin sepoi-sepoi, serta memakan kuliner ciri khas Surabaya. Dari kejauhan, Anda dapat lihat pemandangan Jembatan Suramadu.

13. Monumen Jalesveva Jayamahe 

Tempat yang satu ini pula masih tetap ada di lokasi Pelabuhan Tanjung Perak, persisnya di lokasi Dermaga Ujung. Monumen ini dibuat untuk memperingatkan jika Indonesia adalah negara kepulauan dengan beberapa puluh ribu pulau mempunyai kemaritiman yang kuat. Di tempat ini, Anda dapat lihat monumen dari TNI Angkatan Laut serta belanja beberapa suvenir.

14. Tugu Pahlawan 

Berlibur ke Surabaya belumlah komplet jika tidak bertandang ke Tugu Pahlawan yang terdapat di Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan. Tugu ini adalah simbol penting Kota Surabaya serta dibangun untuk kembali kenang momen bersejarah 10 November 1945 pada beberapa pemuda Surabaya menantang tentara kolonial waktu itu. Di lokasi itu, ada museum yang tampilkan dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan.

15. Ciputra Waterpark 

Jika ingin basah-basahan, pergi saja ke Ciputra Waterpark yang berada di pinggir Barat Kota Surabaya. Obyek wisata ini menyiapkan beberapa jenis wahana air, seperti seluncuran Roc Tower, tong raksasa, serta permainan yang lain. Anda bisa ajak buah hati Anda sebab harga ticket masuknya Rp110 ribu di weekdays serta Rp130 ribu pada hari libur.

16. Surabaya Carnival Park 

Surabaya ada Surabaya Carnival Park. Taman bermain ini seperti satu pasar malam besar. Akan tetapi mengangkat ide karnaval yang lebih moderen. Di harga ticket Rp60 ribu untuk weekdays, serta Rp80 ribu pada hari libur, Anda serta keluarga bisa meningkatkan adrenalin dengan wahana-wahana permainan melawan, seperti roller coaster, kocar kacir, bianglala serta yang lain. Untuk anak-anak pun ada. Bila letih menghinggapi, Anda bisa bersantai sesaat sekalian mencicip kuliner ciri khas Surabaya. Taman bermain Surabaya Carnaval Park ini terdapat di Jalan Ahmad Yani, Gayungan.

17. Masjid Muhammad Cheng Ho 

Masjid yang satu ini bisa jadi salah satunya simbol toleransi di Indonesia. Masjid ini begitu unik sebab dibuat dengan style arsitektur China. Masjid Muhammad Cheng Ho atau diketahui dengan Masjid Cheng Ho mempunyai didominasi sentuhan aksen berwarna merah, tetapi masih memiliki nuansa Islami. Bangunan yang dibangun pada tahun 2003 serta diresmikan tahun 2006 ini jadi salah satunya arah wisatawan.

18. Museum Kesehatan Dr. Adhyatma 

Meskipun terdengar menjemukan, Museum Kesehatan Dr. Adhyatma mempunyai daya tariknya sendiri. Tidak hanya memperoleh pengalaman serta pengetahuan sekitar kedokteran dan kesehatan, sampai pengetahuan santet, di museum ini, Anda dapat juga lihat beberapa benda mistis yang termasuk menyeramkan. Dipajang juga beberapa photo riwayat dunia medis Indonesia, himpunan patung Ganesha, boneka Jailangkung, beberapa pengembangan dalam dunia kesehatan, sampai sekitar santet yang dihubungkan dengan dunia medis.

19. Perpustakaan Bank Indonesia 

Di Perpustakaan Bank Indonesia (BI), Anda bisa nikmati keindahan bangunan masa dahulu Surabaya plus belajar tentang riwayat Indonesia. Bangunan ini diputuskan menjadi salah satunya cagar budaya oleh pemerintah Surabaya. Sebelum jadi Perpustakaan BI, bangunan ini dipakai menjadi Museum Mpu Tantular.

Gedung yang telah berdiri semenjak waktu kolonial Belanda ini awalnya rumah Gubernur De Javasche Bank yang lalu jadi BI. Anda dapat temukan beberapa buku serta jurnal sekitar ekonomi, sambutan arsitektur memanjakan mata tiada diambil cost dalam tempat ini
20. Gunung Bromo
Meskipun lebih populer menjadi tempat wisata alam yang dekat dengan kota Malang, akan tetapi nyatanya Gunung Bromo pun membentang sampai ke lokasi Surabaya. Gunung Bromo jadi salah satunya pilihan wisata Anda bila bepergian ke Surabaya serta ingin nikmati keindahan alam. Di lokasi ini, Anda bisa berkeliling-keliling, nanjak ke Kawah Bromo, Bukit Teletubbies, photo di Pasir Berbisik, serta tempat wisata lainnya.

Sediakan Bujet dari Saat ini 

Caraterbaruku Bila Anda telah ada gagasan berlibur ke Surabaya, sediakan bujet dari saat ini. Mulai menabung serta hunting ticket pesawat, kereta api, atau bus agar memperoleh harga paling murah. Anda dapat juga memakai apa yang bekerja bersama dengan maskapai yang tawarkan promosi ticket. Setelah itu, susun perincian perjalanan atau itinerary serta prediksi biayanya. Janganlah lupa kemukakan asuransi perjalanan membuat perlindungan Anda waktu berlangsung kecelakaan atau risiko-risiko jelek dalam perjalanan.
Related Posts