-->

OBAT KUMUR TIDAK HANYA BAU MULUT

Caraterbaruku.com - Obat kumur sudah lama jadi rekan andalan untuk menahan berbau mulut yang mengganggu perasaan yakin diri. Tapi nyatanya diluar itu, obat kumur ikut bertindak mengawasi kesehatan mulut.

Obat kumur biasanya ialah cairan antiseptik yang dipakai untuk bersihkan antara gigi, permukaan lidah serta gusi, dan mulut sisi belakang atau kerongkongan. Pemakaian beberapa obat kumur mempunyai tujuan untuk kurangi berbau mulut. Beberapa obat kumur yang lain diperuntukkan untuk manfaat seperti air liur, yakni mengawasi mulut masih lembap serta menetralisir zat asam.

Obat Kumur Tidak Cuma untuk Berbau Mulut

obat kumur tidak hanya bau mulut

Beberapa type obat kumur bisa dipakai dengan bebas, tapi ada pula yang didesain spesial untuk mengatasi masalah kesehatan spesifik. Type yang ke-2 umumnya diresepkan oleh dokter

Beberapa macam Kandungan Obat Kumur 

Banyak terdapat pilihan obat kumur dengan kandungan bahan simpatisan berlainan yang tentu saja memberi faedah berlainan juga. Beberapa produk obat kumur bisa memiliki kandungan beberapa bahan tersebut:
  • Antimikrobial: kurangi plak, gingivitis, dan peradangan gusi pada step awal, dan membunuh bakteri pemicu berbau mulut. 
  • Zat penghilang berbau mulut: menonaktifkan senyawa pemicu berbau mulut. 
  • Astringent salt: bahan penyamar berbau mulut. 
  • Flouride: menolong menahan karang gigi serta gigi berlubang. 
  • Peroksida: menolong menahan munculnya noda pada permukaan gigi. 
  • Antiseptik seperti klorheksidin glukonat atau hexetidine 
  • Zat perisa seperti sorbitol, sukralosa, sodium saccharin. 
  • Selain itu, obat kumur yang dipakai lewat resep dokter bisa memiliki kandungan beberapa bahan antijamur untuk menahan perubahan jamur, antibiotik untuk menolong membunuh bakteri, anestesi lokal atau antihistamin, antasid, dan kortikosteroid untuk mengatasi inflamasi. 
Terkecuali sudah diresepkan dokter, semestinya jauhi pemakaian obat kumur pada anak dibawah
umur 6 tahun, terpenting yang memiliki kandungan alkohol, sebab beresiko tertelan. Obat kumur yang memiliki kandungan alkohol ikut beresiko mengakibatkan berbau mulut makin bertambah berat sebab bisa mengakibatkan mulut makin kering. Diluar itu, sampai sekarang ini ada perbincangan beberapa pakar tentang pemakaian obat kumur yang memiliki kandungan alkohol pada periode panjang dengan hubungannya pada perubahan kanker mulut.

Lebih dari Menahan Berbau Mulut 

Berbau mulut atau halitosis ialah aduan yang umum berlangsung. Tidak hanya bisa dikarenakan oleh bakteri, makanan yang tersisa pada antara gigi serta permukaan lidah dapat juga memunculkan aduan ini.

Satu tinjauan pada beberapa riset mengutarakan jika obat kumur bisa mengatasi berbau mulut. Menurut tinjauan itu, kandungan zinc serta chlorine dioxide bisa menetralisir berbau yang ada, sedang kandungan antibakteri chlorhexidine atau cetylpyridinium diprediksikan bisa menolong kurangi jumlahnya bakteri pemicu berbau mulut.

Tidak hanya faedah penting diatas, nyatanya terdapat beberapa faedah lainnya produk obat kumur, yakni:

Obat kumur bisa menolong menahan penumpukan plak pada gigi. 

Obat kumur yang memiliki kandungan fluoride bertindak menolong kurangi resiko gigi berlubang karena bakteri serta zat asam, dan jadikan gigi lebih kuat.
Obat kumur spesifik dapat juga dipakai pascaoperasi atau sesudah pencabutan gigi.
Beberapa macam obat kumur yang diresepkan bisa dipakai untuk mengatasi penyakit mulut yang bisa disebabkan therapy radiasi atau kemoterapi.
Meskipun begitu, obat kumur, terpenting yang di jual bebas, biasanya bukan obat untuk mengatasi masalah gigi serta gusi, terpenting yang telah berat. Oleh karena itu, bila Anda alami permasalahan kesehatan seperti ini, masih terpenting untuk memperiksakan-diri ke dokter gigi. Diluar itu, butuh diingat jika obat kumur bukan alternatif sikat serta pasta gigi sebab kedua-duanya masih bertindak terpenting bersihkan bekas makanan serta bakteri pada gigi.

Baca Ketentuan Pemakaian untuk Hasil Optimal 

Untuk memperoleh faedah optimal, baca kandungan yang tercantum dalam paket serta ikuti panduan pemakaian seperti berikut.

  • Yakinkan obat kumur itu sudah tercatat pada Tubuh Pengawas Obat serta Makanan (BPOM).
  • Umumnya obat kumur dipakai sekali satu hari sebelum tidur atau sesudah menyikat gigi, atau sesuai dengan panduan dokter. Untuk memperoleh dampak terunggul, semestinya pakai di waktu yang sama.
  • Biasanya ada gelas takar seukuran kira-kira 10 mm atau sama dengan 2 sendok teh penuh yang bisa dipakai sekali gunakan. Semestinya jauhi memakai lebih dari ukuran ini terkecuali direferensikan dokter.
  • Pakai untuk berkumur saat kira-kira satu menit. Lalu mengeluarkan dari mulut. Terkecuali direferensikan dokter, jauhi sesekali menelan obat ini. Oleh karena itu, tetap dampingi waktu anak-anak saat mereka memakai obat kumur.
  • Untuk memperoleh hasil optimal, semestinya jauhi konsumsi makanan atau berkumur dengan cairan lainnya sekurang-kurangnya saat 30 menit sesudah memakai obat kumur.
  • Kumurlah sesudah gosok gigi serta sebelum memakai obat kumur sebab kandungan spesifik pada pasta gigi bisa menghalangi kerja chlorhexidine dalam obat kumur.
  • Biasanya pemakai obat kumur akan tidak rasakan resikonya bermakna serta umumnya berbentuk sesaat, contohnya sensasi mulut kering serta pergantian perasaan. Pada beberapa orang yang peka atau alergi pada beberapa bahan spesifik pada obat kumur, bisa muncul luka, kemerahan, serta ngilu pada mulut. Reaksi-reaksi seperti ini umumnya bisa diatasi dengan mencairkan obat kumur dengan air biasa atau bertukar obat kumur, contohnya memakai air garam.

Kontrol diri ke Caraterbaruku.com bila sesudah pemakaian, malah muncul noda pada gigi atau pada lidah. Diluar itu ikut kontrol diri terlebih dulu bila Anda ialah ibu hamil atau menyusui yang akan memakai obat kumur
Related Posts